Sejarah

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Manggarai Barat didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Manggarai Barat Nomor 10 Tahun 2008, tanggal 16 Juni 2008, tentang Perusahaan Daerah Air Minum Wae Mbeliling. PDAM Wae Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat merupakan peralihan dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Air Bersih Kabupaten Manggarai Barat.

PDAM mulai beroperasi secara efektif sejak ditetapkannya Direksi PDAM Wae Mbeliling pada tanggal 31 Desember 2011, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor HK.035/247/XII/2011, tanggal 31 Desember 2011.Tugas Pokok dan Fungsi PDAM adalah menyelenggarakan pengelolaan Sarana dan Prasarana Sistim Penyediaan Air Minum diwilayah Perkotaan Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka meningkatkan kualitas ,kuantitas dan kontinuitas layanan sesuai prinsip – prinsip pengelolaan perusahaan dengan menyeimbangkan fungsi pelayanan umum, ekonomi perusahaan serta sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Maksud dan tujuan pendirian Perusahaan Daerah Air Minum adalah untuk turut serta dalam pembangunan daerah serta untuk meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat di daerah, sedangkan rincian maksud dan tujuan pendirian Perusahaan Air Minum adalah sebagai berikut :

1.  Turut serta melaksanakan pembangunan daerah pada khususnya yang merupakan salah satu sumber pendapatan daerah, oleh karena itu Perusahaan Daerah Air Minum harus memupuk pendapatan yang ada dan yang akan datang.

2.  Pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam penyediaan air bersih serta penyehatan lingkungan, oleh karenanya Perusahaan Daerah Air Minum harus memberikan pelayanan air yang memenuhi syarat-syarat kesehatan kepada masyarakat yang lestari dan berkesinambungan.

3.  Turut serta melaksanakan pembangunan perekonomian pada umumnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta ketenaga kerjaan menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.